Seputar Amalan Sunnah Istimewa Hari Jumat Mubarak Tahun 2018 ,Berkah Doa

Seputar Amalan Sunnah Istimewa Hari Jumat Mubarak Tahun 2018 ,Berkah Doa -Sobat Doa yang luar biasa Kumpulan Doa Dan Artinya, Amalan yang murah dan dapat dilakukan oleh setiap makhluk hidup di alam raya ini adalah Doa, doa yang dipanjatkan dapat dilakukan oleh siapa saja baik itu dilakukan dengan cara berdoa dalam hati atau dilakukan secara jama'ah atau secara terbuka. Dalam hal ini amaliyah Seputar Amalan Sunnah Istimewa Hari Jumat Mubarak Tahun 2018 ,Berkah Doa dilakukan senantiasa untuk mendekatkan diri kepada sang pencipta, selagi cara dan tujuannya baik. Doa juga bisa memotivasi kita dalam banyak hal. Sebab ikhtiyar yang dilakukan tanpa adanya sebuah doa,akan menjadikan proses pencapaian kita yang kurang berkah dan manfaat. Walaupun yang terkadang yang kita lakukan berhasil dan suskses.

Dengan adanya doa kita diajarakan untuk tidak mudah menyerah, dan tidak pula diajarakan untuk berambisi meraih sesuatu dengan cara mengebu-gebu dengan menghalalkan segara cara atau siasat yang kita rencanakan. Sebab pada dasarnya semua ikhtiyar yang kita lakukan akan kembali lagi ke hakikat sang Pencipta Alam Raya ini.Untuk itu lakukan Seputar Amalan Sunnah Istimewa Hari Jumat Mubarak Tahun 2018 ,Berkah Doa sesuai dengan kadar dan boobo yang kita bisa. Lakukan hal yang terbaik dan selebihnya pasrahkan kepada-Nya.

Sebab manusia hanyalah seorang hamba Tuhan yang cuma bisa berusaha dan meminta baik pertolongan dan perlindungan kepadanya. Dengan cara yang santun dan penuh keoptimisan lantunan doa kita panjatkan untuk meraih sebuah kesuksesan yang akan kita jalankan. Tak lupa adab dan tatacara berdoa kita lakukan dengan cara yang terbaik sehingga proses Seputar Amalan Sunnah Istimewa Hari Jumat Mubarak Tahun 2018 ,Berkah Doa dapat kita lakukan dengan mudah.

Terkdang kita sendiri lupa akan kedudukan kita sebagai hamba Tuhan, sehingga kita menuntut banyak apa yang telah kita kerjakan dan kesuksesan membuat lupa kita akan nilai-nilai Agamanya, cuma mementingkan urusan dunia saja. Dan selayaknya kita sebelum melkaukan amaliyah baik itu doa atau hal lainnya sebaiknya untuk membaca istigfar dan sholawat terlebih dahulu, biar kita ingat siapa dan bagaimana sejatinya kita ini.

Proses penghambaan yang sejati dan totalitas tanpa memikirkan hal-hal yang beradai-andai inilah yang akan membuat kita menjadi manusia yang taat dan sempurna sehingga tidak tergerus oleh hingar-bingar dan gemerlapnya dunia ini.

Proses seperti inilah yang nantinya akan menjadikan kita sebagai manusia insan kamil yang sejati.Dan menjadi Abdi hamba Tuhan yang sempurna dalam segala hal. Dan proses seperti inilah yang mungkin agaknya jarang kita jumpai dijaman sekarang ini.

Seputar Amalan Sunnah Istimewa Hari Jumat Mubarak Tahun 2018 ,Berkah Doa , rukun dan syarat menjadi muntlak harus dilakukan untuk mencapai kesempurnaanya. detail dan jelasya bisa kita liat penjelasan tersebut dibawah ini:

Baca juga:


Amalan Istimewa Hari Jumat - sahabat pembaca setia yang di rahmati allah,sungguh bahagia bila setiap hari kita bisa menikmati hari dengan penuh syukur,karena dari hari  yang kita lewati semua ada  keistimawaan  apabila di isi dengan amalan yang di ridhoi allah swt. seperti  hari jumat yang mana kita ketahui merupakan sayidul ayyam (rajanya hari).
Hari jumat khususnya bagi kaum laki-laki adalah  menunaikan sholat jumat salah satu kewajiban yang mesti dilakukan oleh setiap umat islam, tidak dikatakan sempurna iman seseorang, jika tidak menunaikan ibadah jumat. bahkan, jika meninggalkan sholat jumat tanpa udzur tiga kali berturut-turut itu termasuk orang yang tercela.

Untuk khusus hari jumat, allah swt berfirman yang artinya: hai orang-orang beriman, apabila diserukan untuk menunaikan shalat jum'at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat allah dan tinggalkanlah jual beli yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui (qs al-jumah 62:9). seruan ini khusus untuk orang-orang yang ber-imana kepada allah swt. dengan kata lain, orang-orang yang benar-benar ber-iman kepada allah swt akan selalu memperhatikan dan meng-istimewakan hari jumat untuk ber-ibadah kepada allah swt. bahkan, nabi muhammad saw mengabarkan bahwasanya orang yang benar-benar menjadikan hari jumat sebagai hari sakral, yaitu menunaikan kewajiban dan mengerjakan amalan jumat atau melaksanakan sunnah nabi saw. seperti; mandi jumat, memotong kuku, merapikan rambut, bersuci, berbusana rapi nan wangi, kemudian segera bergegas berangkat ke masjid untuk menunaikan ibadah sholat jumat, maka orang tersebut akan mendapatkan ampunan allah swt atas dosa-dosa yang pernah dilakukan. Amalan  Hari Jumat
Begitu istimewanya hari jumat, sampai-sampai di dalam al-quran ada surat khusus yang dinamakan surat al-jumat  sebagai mana tadi diatas  yang di dalamnya memberikan penjelasan seputar hari jumah. jumat itu memberikan keberkahan untuk semua orang, baik bagi laki-laki maupun wanita, khususnya suami istri yang menghidupkan malam jumat dengan  bercinta dan kemudian mandi malam jumat. Berikut ini beberapa amalan  yang harus diperhatikan bagi setiap muslim yang ingin menghidupkan syariat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pada hari jumat.

  •  MEMPERBANYAK DOA DAN DZIKIR
dari abu hurairah radhiyallahu ‘anhu, nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebut hari jum’at kemudian berkata, “di hari jum’at itu terdapat satu waktu yang jika seseorang muslim melakukan shalat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada allah ta’ala, niscaya permintaannya akan dikabulkan.  lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikitnya waktu itu. (hr. bukhari dan muslim)
  • MEMPERBANYAK SHALAWAT NABI
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari jum’at, maka perbanyaklah shalawat kepadaku di dalamnya, karena shalawat kalian akan disampaikan kepadaku. para sahabat berkata, bagaimana ditunjukkan kepadamu sedangkan engkau telah menjadi tanah? nabi bersabda, sesungguhnya allah mengharamkan bumi untuk memakan jasad para nabi  (hr. abu dawud, ibnu majah, an nasa-i) Adapun bacaan sholawatnya  sebagai berikut :
amalan jumat

  • MEMPERBANYAK MEMBACA SURAH ALKAHFI

عَنْ أَبِى سَعِيدٍ الْخُدْرِىِّ أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ : مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ
Dari abu sa’id al-khudri radhiyallahu anhu, bahwa nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda: barangsiapa yang membaca surat al-kahfi pada hari jum’at, maka allah akan menyinarinya dengan cahaya di antara dua jum’at.(hr hakim dalam al-mustadrok)

  • MEMBERSIHKAN DIRI DAN MENGGUNAKAN MINYAK WANGI
Setelah mandi dan mengenakan pakaian terbaik, alangkah lengkap rasanya jika ditambah dengan menggunakan minyak wangi. Sehingga diri kita akan tampak bersih dan wangi.   
Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa yang mandi pada hari Jum’at dan bersuci semampunya, lalu memakai minyak rambut atau minyak wangi kemudian berangkat ke masjid dan tidak memisahkan antara dua orang, lalu shalat sesuai dengan kemampuan dirinya, dan ketika imam memulai khutbah, ia diam dan mendengarkannya maka akan diampuni dosanya mulai Jum’at ini sampai Jum’at berikutnya.” (HR. Bukhari dan Muslim), ya mandi Jum’at tadi. Setelah itu memakai minyak wangi, biar kita shalat Jum’at dalam keadaan wangi tentunya. 
Demikian yang dapat kami sajikan dalam artikel singkat ini mengenai ibadah sunnah  amalan hari jumat semoga ada manpaatnya dan mohon maaf atas khilap dan kekurangannya,terimaksih berkah buat semua aamiin. Info Terkait :

Amalan sunnah Istimewa Hari Jumat Mubarak Tahun 2018



Harapan kami semoga artikel Seputar Amalan Sunnah Istimewa Hari Jumat Mubarak Tahun 2018 ,Berkah Doa bermanfaat

Dan dapat memberikan nilai lebih bagi pembaca
Serta segala hal yang tidak salah kata atau ejakan serta hal-hal yang kurang berkenan sekirnaya sudi untuk meninggalkan komentar diibawah
Serta kami informasiskan bahwa artikel ini kami ambil dari berbagai sember internet baik Google,Bing
Untuk itu kami hanya memaparkan saja dan untuk kajian lebih mendalamnya bisa sodara tanyakan kepada ulama atau guru-guru terdekat disekitar anda, sekian artikel dari kami.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Seputar Amalan Sunnah Istimewa Hari Jumat Mubarak Tahun 2018 ,Berkah Doa

0 komentar:

Posting Komentar