Seputar Tata Cara Sholat Tahajud Dan Bacaan Doa Niatnya Arab Latin Lengkap ,Berkah Doa

Seputar Tata Cara Sholat Tahajud Dan Bacaan Doa Niatnya Arab Latin Lengkap ,Berkah Doa -Sobat Doa yang luar biasa Kumpulan Doa Dan Artinya, Amalan yang murah dan dapat dilakukan oleh setiap makhluk hidup di alam raya ini adalah Doa, doa yang dipanjatkan dapat dilakukan oleh siapa saja baik itu dilakukan dengan cara berdoa dalam hati atau dilakukan secara jama'ah atau secara terbuka. Dalam hal ini amaliyah Seputar Tata Cara Sholat Tahajud Dan Bacaan Doa Niatnya Arab Latin Lengkap ,Berkah Doa dilakukan senantiasa untuk mendekatkan diri kepada sang pencipta, selagi cara dan tujuannya baik. Doa juga bisa memotivasi kita dalam banyak hal. Sebab ikhtiyar yang dilakukan tanpa adanya sebuah doa,akan menjadikan proses pencapaian kita yang kurang berkah dan manfaat. Walaupun yang terkadang yang kita lakukan berhasil dan suskses.

Dengan adanya doa kita diajarakan untuk tidak mudah menyerah, dan tidak pula diajarakan untuk berambisi meraih sesuatu dengan cara mengebu-gebu dengan menghalalkan segara cara atau siasat yang kita rencanakan. Sebab pada dasarnya semua ikhtiyar yang kita lakukan akan kembali lagi ke hakikat sang Pencipta Alam Raya ini.Untuk itu lakukan Seputar Tata Cara Sholat Tahajud Dan Bacaan Doa Niatnya Arab Latin Lengkap ,Berkah Doa sesuai dengan kadar dan boobo yang kita bisa. Lakukan hal yang terbaik dan selebihnya pasrahkan kepada-Nya.

Sebab manusia hanyalah seorang hamba Tuhan yang cuma bisa berusaha dan meminta baik pertolongan dan perlindungan kepadanya. Dengan cara yang santun dan penuh keoptimisan lantunan doa kita panjatkan untuk meraih sebuah kesuksesan yang akan kita jalankan. Tak lupa adab dan tatacara berdoa kita lakukan dengan cara yang terbaik sehingga proses Seputar Tata Cara Sholat Tahajud Dan Bacaan Doa Niatnya Arab Latin Lengkap ,Berkah Doa dapat kita lakukan dengan mudah.

Terkdang kita sendiri lupa akan kedudukan kita sebagai hamba Tuhan, sehingga kita menuntut banyak apa yang telah kita kerjakan dan kesuksesan membuat lupa kita akan nilai-nilai Agamanya, cuma mementingkan urusan dunia saja. Dan selayaknya kita sebelum melkaukan amaliyah baik itu doa atau hal lainnya sebaiknya untuk membaca istigfar dan sholawat terlebih dahulu, biar kita ingat siapa dan bagaimana sejatinya kita ini.

Proses penghambaan yang sejati dan totalitas tanpa memikirkan hal-hal yang beradai-andai inilah yang akan membuat kita menjadi manusia yang taat dan sempurna sehingga tidak tergerus oleh hingar-bingar dan gemerlapnya dunia ini.

Proses seperti inilah yang nantinya akan menjadikan kita sebagai manusia insan kamil yang sejati.Dan menjadi Abdi hamba Tuhan yang sempurna dalam segala hal. Dan proses seperti inilah yang mungkin agaknya jarang kita jumpai dijaman sekarang ini.

Seputar Tata Cara Sholat Tahajud Dan Bacaan Doa Niatnya Arab Latin Lengkap ,Berkah Doa , rukun dan syarat menjadi muntlak harus dilakukan untuk mencapai kesempurnaanya. detail dan jelasya bisa kita liat penjelasan tersebut dibawah ini:

Baca juga:


Tata Cara Sholat Tahajud dan Bacaan Doa Niatnya  Arab Latin Lengkap - Sholat Tahajud  yang dilaksanakan pada malam hari ketika kita sudah bangun dari tidur merupakan  sholat yang paling utama dikerjakan setelah sholat fardhu.Sesuai dengan makna dari kata Tahajjud yang berarti  bangun dari tidur. jadi syarat utama melakukan sholat tahajud ialah setalah tidur terlebih dulu, meskipun hanya tidur sebentar. hukum dari sholat tahajud ini sendiri merupakan sunat mu’akkad, yang berarti sangat dianjurkan.
Dalam melaksanakan solat tahajud atau juga yang sering dikatakan qiyamul laill tentu ada bacaan doa dan niatnya yang perlu kita lakukan pada saat melaksanakan ibadah sunah tersebut.sebagaiman yang termashur dari keteranagan para ulama segala perbuatan itu tergantung pada niatnya "innamal a'malu binniat"

Dengan artikel yang kami sajikan ini, hanya sekedar ingin berbagi yang mudah mudahan bermanpaat khusus bagi saya sendiri umumnya bagi sahabat pembaca setia semua ,dari taitel di atas mengenai  tata cara solat tahajud dan niatnya dapat sahabat simak di bawah ini dan bagi yang belum benar benar hapal biar cepat hapal dengan doanya yang mau copas silahkan.
sahabat semua yang di rahmati allah untuk melaksanakan ibadah solat sunnah ini ada yang perlu kita perhatikan dan tentunya dilasanakan dengan baik dan sungguh-sungguh mengenai sholat tahajud:
Allah berfirman :

وَمِنَ الَّيْلِ فَتَهَجَّدَبِهِ نَا فِلَةً لَكَ عَسَى اَنْ يَبْعَسَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُوْدً 
Artinya : Dan pada sebagian malam, maka kerjakanlah shalat tahajud sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah- mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji” (QS. Al Isra 79)

Rasulullah SAW bersabda:

“Hendaklah kalian sholat malam, karena sholat malam adalah kebiasaan yang dikerjakan orang-orang sholeh sebelum kalian, ia adalah ibadah yang mendekatkan diri kepada Rabb kalian, penghapus berbagai kesalahan dan pencegah perbuatan dosa.” (HR. Tirmidzi)

Tata Cara Shalat Tahajud:

  • Waktu Pelaksanaan Sholat Tahajud

Waktu yang boleh digunakan untuk melaksanakan sholat tahajud adalah sejak setelah ‘isya hingga menjelang shubuh. Di luar dari waktu tersebut tidak dinamakan sholat tahajud. Selain itu, orang yang ingin melaksanakan sholat tahajud juga harus tidur terlebih dahulu. Jika seseorang melaksanakan sholat tahajud tanpa tidur terlebih dahulu, maka sholat itu tidak dihitung sebagai sholat tahajud, tapi dianggap shalat sunnah biasa.
  •  Jumlah Rakaat Sholat Tahajud

Sholat tahajud minimal dikerjakan sebanyak dua rakaat, maksimalnya ada yang mengatakan 8 hingga 12 rakaat. Ada juga yang menyebutkan tidak ada batas maksimal rakaat. Sholat tahajud (dan juga shalat sunnah lain pada umumnya) dikerjakan dengan dua-dua rakaat, artinya setiap dua rakaat harus salam terlebih dahulu baru boleh shalat kembali.
  • Niat Sholat Tahajud

Hal yang juga perlu diperhatikan dalam tata cara melaksanakan sholat tahajud adalah mengenai niatnya.jadi yang dinamakan dengan niat adalah qasdhu yang muncul di dalam hati ketika melakukan suatu amalan, bukan yang kita ucapkan dengan lidah.qasdhu niat adalah ungkapan di dalam hati. biasanya qasdhu niat dilakukan dalam bahasa daerah masing-masing agar mudah.saat kita mengucapkan takbiratul ihram, saat itu pula kita meng-qashad untuk melaksanakan sholat. saat kita takbiratul ihram dan membaca  اَللهُ اَكْبَرُ saat itu juga di dalam hati kita berniat aku niat sholat tahajud 2 rakaat karena Allah ta’ala.
  • Lafadz Niat Shalat Sunnah Tahajud (Sholat Malam)


اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى
USHALLII SUNNATAN TAHAJJUDI RAK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI LILLAAHI TA'AALAA.
 
Artinya :
           Aku niat shalat sunat tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat, karena Allah Ta'ala.
  • Gerakan dan Bacaan Sholat Tahajud
Gerakan sholat tahajud tidak berbeda dengan gerakan sholat pada umumnya. sholat tahajud juga diawali dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam. yang perlu diperhatikan adalah shalat tahajud harus dikerjakan dua rakaat sekali salam. tidak boleh (misalnya) 4 rakaat sekaligus baru salam.kemudian, jangan terlalu tergesa-gesa di dalam shalat. banyak orang yang mengejar target rakaat shalat (harus 8 atau 12 rakaat misalnya), akhirnya dia shalat dengan tergesa-gesa dan tidak sempurna. ingat tujuan dari shalat adalah mengingat allah swt. oleh karena itu, sudah seharusnya dikerjakan sebaik dan sesempurna mungkin.begitu juga dengan bacaan dalam shalat tahajud, tidak ada perbedaan dengan shalat lainnya. bacaan wajib dalam shalat yaitu: takbiratul ihram, alfitahah, tasyahud akhir dan salam. setelah membaca alfatihah, disunnahkan untuk membaca surat alquran. ada sebagian yang berpendapat sunnah membaca surat al kafirun di rakaat pertama dan al ikhlas di rakaat kedua.

Demikian semoga dengan membaca artikel yang kami suguhkan tadi mengenai bacaan doa niat sholat tahajud dapat bermanpaat  dan bisa meningkatkan pundi pundi amal baik,terimakasih dan baca juga artikel  yang lainnya mengenai: #Bacaan Doa Sholat Tahajud Lengkap Arab Latin Dan Waktu Mustajab


Info Terkait :

Tata Cara Sholat Tahajud dan Bacaan Doa Niatnya Arab Latin Lengkap



Harapan kami semoga artikel Seputar Tata Cara Sholat Tahajud Dan Bacaan Doa Niatnya Arab Latin Lengkap ,Berkah Doa bermanfaat

Dan dapat memberikan nilai lebih bagi pembaca
Serta segala hal yang tidak salah kata atau ejakan serta hal-hal yang kurang berkenan sekirnaya sudi untuk meninggalkan komentar diibawah
Serta kami informasiskan bahwa artikel ini kami ambil dari berbagai sember internet baik Google,Bing
Untuk itu kami hanya memaparkan saja dan untuk kajian lebih mendalamnya bisa sodara tanyakan kepada ulama atau guru-guru terdekat disekitar anda, sekian artikel dari kami.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Seputar Tata Cara Sholat Tahajud Dan Bacaan Doa Niatnya Arab Latin Lengkap ,Berkah Doa

0 komentar:

Posting Komentar